Ekonurdin is local figure that modestly which want easy and agreeable learning,via knowledge paradigm "Nurun Ala Nurin"

SELAMAT DATANG

You can move up at Blog this, one that intent give information access what marks sense deep sharpen and mother life, and as problem solving's media in look for ideal spirit


Anda dapat nongol di Blog ini, yang bertujuan memberikan akses informasi apa adanya dalam mengasah dan mengasuh hidup, serta sebagai media problem solving dalam mencari jati diri yang ideal.


TENTANG SAYA

Foto saya
Sengkang, Sulawesi Selatan, Indonesia
Nurdin Blogger Wajo, Guru SMA 7 Wajo, Admin Quipper School Indonesia, Promotor STIFIn Berlisensi.

FOTO ICT

FOTO ICT
http://ekonurdin.blogspot.com

SUASANA UPACARA BENDERA

SUASANA UPACARA BENDERA

FOTO LOKASI

FOTO LOKASI
LOKASI SMAN 3 SENGKNG, TAMPAK LAB.BAHASA PADA DATARAN 4

LOKASI SEKOLAH JALUR DUA

LOKASI SEKOLAH JALUR DUA
LOKASI SMAN 3 SENGKANG,JALUR DUA

FOTO PARA PEMBINA

FOTO PARA PEMBINA
PEMBINA SMAN 3 SENGKANG UNGGULAN KAB.WAJO

FOTO SISWA ICT

FOTO SISWA ICT
Kelas X Akselerasi dalam suasana belajar Ekonomi dengan metode cooperatif learning berbasis ICT

FOTO PENGURUS KOPERASI SISWA

FOTO PENGURUS KOPERASI SISWA
FOTO BARENG PENGURUS KOPERASI SISWA PERIODE 2010-2011

RAPAT KERJA

RAPAT KERJA
RAPAT KERJA KOPERASI SISWA PERIODE 2010-2011

KNOW ABOUT BUSSINES

KNOW ABOUT BUSSINES
Suasana simulasi Know About Bussines (KAB)

Sabtu, 03 April 2010

BERKAHNYA MINYAK WANGI

BERKAHNYA MINYAK WANGI

Pada hari Sabtu tanggal 3 April 2010, jam 11.30 di kelas X.B.Seperti biasa siswa belajar Mata Pelajaran Ekonomi setelah melaksanakan ekstra kurikuler (Eskul),dimana siswa mengikuti pelajaran dengan mengerjakan modul dengan judul menghitung pendapatan nasional yang dikerja pada papan tulis secara bergantian.Dalam suasana seperti itu siswa yang lain memperhatikan temannya yang mengerjakan di papan tulis yakni mardiana dengan nomor soal 14.Dalam soal ini option jawaban tidak ada yang benar, tentu siswa yang lain jadi penasaran “jawabannya koq tidak ada yang benar” dengan nada kesal.Dalam suasana mulai kacau balau ini , sang guru menegaskan bahwa memang soal yang jawabannya tidak ada yang benar memang “benar”.Kalau begitu,siapa yang salah?.Kata siswa dengan nada menyindir.”Yang jelas,buku yang salah,salah cetak barangkali” timpal sang guru.

Kalau siswa sadar tentu ada kepedulian menguikuti proses berpikir di kelas, sebaliknya kalau tidak perhatian maka yang muncul adalah kegiatan ekstrim (tidak fokus pada obyek pelajaran): ada yang cerita, ada yang menganggu temannya, ada yang pakai bedak,ada yang bercermin, selalu mengontrol wajahnya”masih cantik atau tidak”.Ini urusan perempuan.Kalau yang pria uniknya membawa minyak wangi lalu dicermati beberapa menit,ia mencobakan kepada teman-teman sekelasnya dengan dibantu teman wanitanya,otomatis kelas jadi bau surga.Lalu sang guru geleng-geleng kepala,”wah, luar biasa ini”.”Ini minyak wangi dijual atau promosi”,kata sang guru.Dua-duanya pak,”promosi untuk dijual”,kata sang Yudi,pengedar minyak wangi.”berapa kamu jualkan perbotol?”,”limabelasribu !pak!”.”Untungnya berapa perbotol?”.”eh….eh…eh…..anu…pak !”Rahasia perusahaan,nanti temanku dengar”.”Kalo begitu tulis disini”,kata sang guru sambil menyerahkan selembar kertas,lalu ditulis dengan sangat rahasia.”Oh! bagus dengan mimik sang guru yang menyemangati si Yudi yang ia nilai mempunyai jiwa entrepreneur (wira usaha).

Begini saja nanda, terutama si Yudi ini,”sejak saya masuk di kelas ini,saya cermati kegiatannya lain.Dari pada menganggu suasana belajar dengan promosi minyak wangi dengan seribu rasa dan aroma. Lebih baik minyak wanginya itu dititip saja di Koperasi Siswa.Disana anda dapat berbagi dengan koperasi, yang memang koperasi itumilik anda dan milik semua siswa SMA Negeri 3 Sengkang.Kelebihannya,si Yudi dapat Sisa Hasil Usaha (SHU), si Yudi juga dapat keuntungan dari minyak wanginya”.Mendengar rayuan gombal sang guru.Si Yudi otaknya terasa menjadi lebih “besar”.’betul…betul….betul , pak!. Insya Allah hari senin saya akan bawa minyak wangi jualanku di Koperasi Siswa sebanyak 20 botol dengan aneka rasa dan aroma.Yang pasti saya tidak lagi menganggu proses belajar di kelas.

Senin, 29 Maret 2010

KISI-KISI EKONOMI KELAS X FOR MID SEMESTERE

KISI-KISI PENULISAN SOAL ULANGAN MID SEMESTER TAHUN PELAJARAN 2010 / 2011

Jenis Sekolah : SMA

Mata Pelajaran : EKONOMI

Kurikulum : KTSP

Alokasi Waktu : 90 MENIT

Jumlah Soal : 25 NOMOR

Bentuk Soal : PILIHAN GANDA

Nama Guru : NURDIN M,S.Pd

No

Urut

Kompetensi Dasar

Bahan

Kelas/Semester

Materi

Indikator

No

Soal

1

2

3

4

5

6

1

2

3

4.1 Mendeskripsikan perbedaan antara ekonomi mikro dan ekonomi makro

4.2 Mendeskripsikan masalah-masalah yang dihadapi pemerintah di bidang ekonomi

5.1 Menjelaskan konsep PDB, PDRB, PNB, PN

5.2 Menjelaskan manfaat perhitungan pendapatan nasional

X/GENAP






X/GENAP







X/GENAP




X/GENAP

Ekonomi Mikro dan Makro

Masalah-masalah yang dihadapi pemerintah di bidang ekonomi

Pendapatan Nasional

Perhitungan pendapatan nasional

· Siswa dapat mengidentifikasi ilmu ekonomi makro

· Siswa dapat mengidentifikasi ilmu ekonomi mikro

· Siswa dapat mengidentifikasi masalah kependudukan yang dihadapi pembangunan Negara berkembang.

· Siswa dapat mengidentifikasi akibat yang ditimbulkan oleh distribusi pendapatan yang tidak merata.

· Siswa dapat mengidentifikasi penyebab keterbelakangan yang dialami Indonesia

· Siswa dapat mengidentifikasi cara pemerintah mengatasi pengangguran di Indonesia

· Siswa dapat mengidentifikasi pengertian pendapatan nasional secara umum

· Siswa dapat mengidentifikasi PNN pada konsep PN

· Siswa dapat membedakan GNP dengan GDP

· Siswa dapat menjelaskan tentang pendapatan factor neto luar negeri.

· Siswa dapat mengidentifikasi rumus menghitung NNI

· Siswa dapat menjelaskan tentang transfer payment

· Siswa dapat mengidentifikasi contoh dari transfer payment

· Siswa dapat mengidedntifikasi rumus PI

· Siswa dapat mengidentifikasi tentang Disposibel Income (DI)

· Siswa dapat menjelaskan pengertian PN dari segi pendapatan/penerimaan.

· Siswa dapat mengelompokkan jenis yang termasuk perhitungan PN dari pendekatan pendapatan

· Siswa dapat mengidentifikasi rumus PN dari pendekatan pendapatan

· Siswa dapat menghitung PN dari pendekatan pendapatan

· Siswa dapat menentukan rumus PN dari pendekatan pengeluaran

· Siswa dapat menghitung PN dari pendekatan pengeluaran

· Siswa dapat mengelompokkan komponenen-komponen PN dari pendekatan pengeluaran

· Siswa dapat mengidentifikasi manfaat perhitungan PN

· Siswa dapat menjelaskan pengertian Pendapatan Perkapita

· Siswa dapat menghitung besarnya pendapatan perkapita suatu negara

1





2





3





4





5





6




7



8



9



10



11



12



13



14



15



16





17




18



19



20



21





22



23



24



25

DAFTAR BLOG SAYA

Untuk seluruh kelas X Reguler,SMAN 3 Sengkang. Apa yang menjadi hambatan dalam mengikuti pelajaran ekonomi .

APAKAH BLOG INI BERMANFAAT BAGI ANDA,UTAMANYA DALAM PEMBELAJARAN EKONOMI?

Model pembelajaran yang diinginkan dalam mengukuti pelajaran ekonomi.